Keuskupan Sanggau

Kalbar

Pada tanggal 18 April 1961 tiba di Ketapang P. Cornelio Serafini CP dan P. Marcello Di Pietro, dua misionaris Pasionis yang pertama dari Italia, Propinsi Maria SS.ma della Pietà. Mereka ini kemudian ditugaskan di daerah Sekadau dan sekitarnya yang pada tahun-tahun sebelumnya umatnya dibentuk serta dilayani oleh Misionaris Kapusin dan Pasionis dari Belanda.

Perkembangan selanjutnya terasa cukup pesat sehingga pada tanggal 9 April 1968 daerah Sekadau yang dipisahkan dari Keuskupan Ketapang serta ditambahkan daerah dari Keuskupan Agung Pontianak, oleh Takhta Suci diangkat menjadi Wilayah Prefektur Apostolik Sekadau dengan Mgr. Michele Di Simone CP sebagai Prefek Apostolik yang pertama.

Tahun yang sama didirikan Yayasan Karya, lembaga pendidikan Katolik yang kemudian di seluruh wilayah dan khususnya di Sekadau akan membuka serta membina sekolah-sekolah SD, SMP, SPG dan PGA. Karena usaha dan kegiatan lembaga tersebut kota Kecamatan Sekadau menjadi kota pendidikan yang dibanjiri muda-mudi dari pedalaman.

Sesudah pendirian Prefektur Apostolik Sekadau, tenaga Imam dari Italia bertambah banyak, khususnya pada periode 70-an. Pada tahun 1974 datang juga 3 Suster Pasionis pertama: seorang Belgia, seorang Italia dan seorang Spanyol. Dengan demikian umat Katolik lebih berkembang serta diperhatikan. Stasi-stasi baru dibuka atau disusun kembali agar umat yang semakin besar itu dapat dilayani dengan lebih baik.

Perkembangan selanjutnya membawa Prefektur Apostolik Sekadau menjadi Keuskupan Sanggau yang didirikan pada tanggal 10 Juli 1982 dengan Mgr. H. Bumbun OFM Cap, Uskup Agung Pontianak, sebagai Administrator Apostolik. Pada tanggal 3 Juni 1990 P. Giulio Mencuccini CP ditahbiskan menjadi Uskup pertama Keuskupan Sanggau.


Keuskupan Sanggau dan Uskupnya yang pertama, Mgr. Giulio Mencuccini CP

Sementara itu di daerah Sekadau sudah mulai juga kegiatan panggilan yang berbuah pada tahun 1973, waktu 4 orang guru, calon-calon Pasionis pertama, dikirim ke Italia untuk menempuh masa novisiat (21 Desember 1973 - 22 Desember 1974). Pada tahun 1975 mereka kembali ke Sekadau dan dengan demikian Studentat di buka di Biara St. Paulus dari Salib. Pada tahun berikutnya, tanggal 8 Februari 1976, novisiat pun dibuka di biara yang sama dengan P. Raffaele Algenii sebagai Magister pertama yang merangkap juga sebagai Direktur para Studen. Pada bulan April 1977 para Frater CP pindah ke Batu (Jatim) agar urusan studi lebih lancar, sedangkan novisiat diteruskan di Sekadau sampai tahun 1981 waktu menyusul ke Batu pula.


Web page by Vincent Carletti CP


Last update 12th March 2012